Senin, 29 Februari 2016

5 Cairan Tubuh Cermin Kondisi Organ


Dalam Teori Pengobatan Timur dikenal dengan teori Cang Xiang. Teori ini mengatakan bahwa kondisi Organ Tubuh yang ada dibdalam (tidak kelihatan dengan mata telanjang) dapat diketahui dengan Cara mengamati fenomena yang muncul di luar tubuh sebagai perwujudan sehat tidaknya organ tubuh. Salah satu yang dapat kita Amati adalah cairan tubuh.

Ada 5 Cairan tubuh yang dapat kita Amati yaitu :
1. Keringat, adalah cairan tubuh daruiHT (Jantung) yang diekspresikan lewat pori pori oleh YANG Qi. Kekurangan YANG Jantung menyebabkan oligohidrosis sebaliknya kelebihan YANG Jantung menyebabkan hiperhidrosis

2. Snivel adalah cairan kental yang keluar dari hidung untuk melumasi nostril/lubang hidung. Bila Qi Paru Paru gagal menyebar maka terjadilah ingus bercucuran, dan bila API Pari Paru menyerang cairan tubuh lubang hiding dan nostril menjadi kering.

3. Airmata melumasi Mata Karena Mata merupakan kesatuan kerja Lever maka air Mata merupakan cairan tubuh Lever bila ada angin panas ( wind heat ) didalam Lever keluarlah air Mata.  Dan bila yin - Lever berkurang Mata menjadi kering atau air Mata kental .    
       
4 . Air liur adalah bagian dari cairan mulut. Bila Limpa lemah terjadilah hipersalivasio, dan bila yin - Limpa kurang maka mulut menjadi kering dan saliva kental .

5 . Spittle merupakan bagian kental air liur yang berfungsi melumasi bibir - mulut - lidah. Berbeda dengan saliva yang di hasilkan di dalam sudut mulut sedangkan spittle di hasilkan di bawah lidah . Karena bagian bawah lidah berhubungan dengan meridian Ginjal maka spittle merupakan cairan tubuh dari Ginjal yaitu saripati - Ginjal. Bila saripati Ginjal lemah , spittle menjadi kental atau/lekat sehingga mulut menjadi kering.

Dengan dasar ini seorang akupunturis mampu melakukan terapi dengan hasil yang significant walaupun tidak melakukan uji media seperti endoscopi, colloncopi, EEG, EKG dll, Namun pengujian klinis sebelum dan sesudah menjalani tetapi tentu bisa lebih meyakinkan terhadap hasil terapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sehat Alami di 2018

Mengawali tahun 2018, kita dihebohkan dengan adanya wabah difteri yang menyerang anak anak bahkan bisa juga menyerang orang dewasa. Untuk...