Sabtu, 12 Maret 2016

Seni Pengobatan Akupunktur


Pengobatan Tusuk Jarum atau dikenal dengan sebutan Akupunktur adalah metoda Pengobatan yang sudah sangat lama dipraktekan di masyarakat Tiongkok pada awalnya dan  kemudian berkembang ke seluruh Dunia hingga sampai ke Indonesia tahun 1963.

Di Negeri asalnya Praktek Pengobatan ini dilakukan dengan dengan sangat serius dan penuh penghayatan. Bukan sekedar sekedar proses pengobatan fisik, tetapi sangat kental dengan pengelolaan psikis para pasien nya. Mereka melakukannya dengan penuh keyakinan bahwa saat mereka bisa mengharmoniskan energi / Qi maka fenomena sehat akan mereka dapatkan, saat tubuh seimbang maka sistem homeostatis akan berkerja melindungi tubuh dari berbagai ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam tubuh.

Kita bisa melihat di YOUTUBE bagaimana para praktisi Akupunktur di China melakukan praktek dengan sangat tekun, Saat Pasien datang mereka praktekan SOP BAKU dari mulai 4 Cara Pemeriksaan khas TCM, dari hasil pemeriksaan mereka melakukan analisa dengan seperangkat Teori DASAR , mulai Teori YIN dan YANG (Teori Keseimbangan), Teori CANG FU (Teori Organ menurut TCM), Materi DAsar Tubuh, U Xing (Teori Peregerkan 5 Unsur, Teori Cang Xiang (Fenomena Organ), Teori Meridian, Teori Penyebab Penyakit menurut TCM, danlain lain teori pendukung untuk menegakan DIAGNOSA. Data hasil 4 cara pemeriksaan ini digolongkan ke dalam 8 Dasar Diagnosa , lalu digolongkan ke dalam Penggolongan Sindrome untuk menghasilkan Diagnosa Kerja, Menentukan Cara Pengobatan, dan Perjalanan Penyakit (Prognosis)

Dari Proses Analisa Data seorang akpunkturis dapat menentukan Root Cause dan Simptom penyakita yang di derita pasien. Sehingga dalam Proses terapi dapat ditentukan apakah melakukan terapi pada Root Cause nya terlebih dahulu, baru simptomnya, atau sebaliknya. Disinilah seninya pengobatan Akupunktur, dari pengalaman dan kondisi terkini yang diderita Pasien seorang akupunkturis menentukan strategi terapi, durasi , frekuensi dan hal hal ain yang menunjang terhadap keberhasilan terapi.

Ada hal yang menarik dalam terapi akupunktur yang bersifat holistik ini. terkadang seorang pasien merasa heran, setelah beberapa kali terapi ada keluhan yang sebenarnya tidka ia sampaikan ke akupunkturis, tetapi keluhanin sudah menghiilang atau berkurang. Begitulah sifat holistik akupunktur, terapi ini tidak membunuh penyakit,sehingga tidak terlalu penting dengan penamaan penyakit ala pengobatan barat, yang penting adalah bagaimana soerang akupunkturis mengindetifikasi kelainan pasiennya, untuk kemudian membantu sistem tubuh untuk kembali bekerja sempurna/ seimbang.
Konsep sehat ala TCM adalah tercapainya kondisi seimbang dan harmonis dari sirkulasi enerdi (Bio energi) yang pada akhirnya akan mewujudkan keharmonisan kinerja sistem tubuh.

Kecintaan mereka kepada pengobatan ini , mereka wujudkan dengan terus menambah ilmu dan jam terbang, karena mereka sadar kompleksitas hidup ini akan melahirkan penyakit yang jauh lebih kompleks dari penyakit-penyakit yang muncul di masa lalu.



    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sehat Alami di 2018

Mengawali tahun 2018, kita dihebohkan dengan adanya wabah difteri yang menyerang anak anak bahkan bisa juga menyerang orang dewasa. Untuk...